Kamis, 15 November 2012

Mengenal Teknologi Yamaha YMJET-FI

YM JET-FI Perkembangan Teknologi Motor sekarang sudah semakin pesat terbukti para pabrikan motor berlomba-lomba untuk membuat motor yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Tak mau ketinggalan dengan motor Suzuki Nex, Yamaha mereka sudah mempersiapkan teknologi terbaru yang di beri nama YMJET-FI ini merupakan salah satu inovasi teknologi Yamaha pada sistem injeksi yang terbaru.


gambar ymjet-fi
Mengapa sih Yamaha butuh sistem seperti ini ?? seperti yang di ungkapkan oleh Eko Prabowo GM Promosi salah satu alasan utama adalah karena Yamaha memiliki DNA Mindset Performa yang Kuat, jadi mereka berinovasi agar dapat menghasilkan suatu Motor yang bisa efesien sehingga Ramah Lingkungan secara emisi akan tetapi Secara Performa juga tetap handal, dan sistem YMJet-FI salah satu Solusinya.
ymjet_2 Sistem YMJET-FI mempunyai dua jalur udara (Jalur air intake) seperti yang bisa dilihat di Gambar atas bahwa Udara yang akan digunakan untuk pembakaran memiliki dua Jalur atau  dua passage yaitu Air Assist Pasage dan Main Intake Passage. Apasih fungsi dari kedua Jalur tersebut ?? Air Assist passage digunakan pada saat motor berada dalam keadaan rpm rendah atau Iddle atau saat Gas ditutup. Hal ini di maksudkan agar pembakaran saat Iddle nggak terlalu banyak mengeluarkan bahan bakar alias boros sehingga dapat menghemat bahan bakar.ymjet_5
Untuk mengetahui motor dalam keadaan iddle sistem ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mengetahui keadaan tersebut. Pada saat rpm rendah atau Iddle udara akan masuk ke ruang bakar tidak melewati main passage akan tetapi jalur lain yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Bagaimana cara udara tidak masuk ke Main passage ?? Begini ceritanya  Sistem ini mempunyai dua klep Throttle yaitu Upstream dan Downstream Throttle Valve untuk penjelasan lebih lanjut silahkan lihat video di bawah ini :
Pada saat rpm rendah, Klep Upstream tetep kebuka dan Klep DownStream akan tertutup,  sehingga udara akan masuk Via Air Assist Pasage. Dan pada saat gas kita betot, udara akan masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka. Sistem ini akan mengetahui kapan saat gas di betot menghasilkan performa tinggi dan sistem juga tahu kapan kudu harus hemat bahan bakar. Bagaimana menurut anda ??
gambar hasil ymjet-fi
Tidak hanya sampai disitu ulasannya pada sistem YMJet-Fi ini memiliki sistem dan pola penyemprotan bahan bakar oleh Injector pun berbeda dengan V-Ixion maupun sistem Injeksi konvensional yang lain. Sistem Injeksi Konvensional menyemprotkan bbm dari Injector serupa dengan rintik rintik hujan. Sistem Yamaha Jet Fi hasil semprotannya lebih seperti asap dengan tingkat atomisasi lebih kecil. Bentuk sebarannya tidak satu dimensi namun lebih berupa turbulensi atau swirl. Sistem swirl seperti ini sudah banyak dipakai pada motor lain seperti Bajaj yang mempunyai sistem DTS-SI.
alur sistem ymjet-fi
Sebenarnya apa kelebihan Twin Swirl? Atomisasi yang dihasilkan oleh Pengabutan Udara-BBM lebih kecil (lebih berukuran mikro) sehingga pembakaran bisa lebih sempurna dan emisi lebih baik . Seperti yang terlihat pada gambar di atas arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
Semoga informasi tentang teknologi Yamaha YMJET-FI ini dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar